Translate

Selasa, 28 April 2009

Bingung

ANeh juga liat judulnya hari ini. Tapi ya memang itulah yang terjadi pada saya untuk hari ini. Bingung karena dapet job. Bagaimana ndak bingung, dapet job suruh buat software simulasi trading untuk saham. Seumur umur berkenalan dengan saham baru kali ini. Tapi ya gak papalah, diambil hikmahnya saja.

Definisi saham yang saya pahami adalah bagian yang diambil oleh perseorangan atau instansi dalam sebuah perusahaan. Untung dan rugi perusahaan akan ditanggung oleh pemegang saham sesuai dengan porsinya. Itu definisi dasar.
Akan tetapi yang terjadi di pasar saham tidaklah mutlak seperti itu. Saham bisa diperdagangkan. Naik turunnya saham ditentukan oleh rumor (isu) perusahaan, aksi korporasi, dan yang membikin saya agak bingung juga adalah juga ditentukan oleh yang namanya "bandar".
Bandar bisa memainkan naik turunnya nilai saham sebuah perusahaan karena mempunyai modal yang relatif besar sehingga bisa membeli porsi saham lebih besar pula, sehingga dia bisa menentukan saham sebuah perusahaan akan naik atau turun. Saham diperdagangkan di Bursa , kalo di Indonesia di Bursa Efek Indonesia Jakarta.

Kalo kita ingin membeli saham sebuah perusahaan, kita tidak bisa membeli secara langsung ke Bursa Efek Indonesia. Kita bisa membeli saham melalui Pialang saham. Dan Pialang saham inilah yang secara online akan membelikan kita saham perusahaan yang dimaksud ke BEI. Dan kita bisa mengamati pergerakan saham kita melalui software yang dimiliki oleh pialang saham seperti IQPLUS, RTI, atau bisa secara online melalui website seperti HOTS, IPOT dsbnya.

Nah tugas saya disini adalah membuat sebuah software simulasi dimana dengan software simulasi inilah seorang investor bisa mengamati pergerakan saham dan tentunya adalah grafik trennya, sehingga investor bisa menentukan kapan dia harus membeli dan kapan dia harus jual.


Selamat berbingung ria.

Tidak ada komentar: