Translate

Jumat, 30 Maret 2012

Gambaran Sederhana Mengenai  Cloud Computing

Sumber Gambar : www.wikipedia.com




Katakanlah Anda seorang eksekutif di sebuah perusahaan besar. Salah satu job desk anda adalah memastikan bahwa semua karyawan Anda memiliki perangkat keras dan perangkat lunak yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka. Membeli komputer untuk setiap orang tidak cukup. Sebagai manager anda juga harus membeli perangkat lunak atau lisensinya  lunak untuk mendukung pekerjaan karyawan. Setiap anda memiliki karyawan baru, anda harus membeli perangkat lunak  yang lebih atau membeli lisensi perangkat lunak lagi, selain itu anda sebagai manager juga harus membelikan karyawan perangkat keras, disamping pekerjaan maintenance yang otomatis akan bertambah. Hal ini tentunya akan sangat menguras sumber daya baik sumber daya manusia maupun keuangan perusahaan.
 
Cloud Computing , merupakan alternative yang  sangat baik untuk  memecahkan masalah ini. Sebuah Sistem operasi  dan perangkat lunak kelengkapannya serta infrastruktur hardware  memungkinkan karyawan untuk login ke layanan berbasis web. Setelah karyawan melakukan login ke dalam layanan tersebut, karyawan bisa menggunakan semua aplikasi yang ada di sana.  Infrastruktur cloud computing bisa di buat oleh perusahan itu sendiri atau perusahaan bisa menyewa dari pihak lain.  Infrastruktur ini akan menjalankan segala sesuatu dari email , pengolah kata, spreadsheet dan aplikasi lain yang kompleks.

Menurut wikipedia Komputasi awan (loud computing) adalah gabungan pemanfaatanteknologi komputer dan pengembangan berbasis internet . Awan (cloud) adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.

Dalam sistem komputasi awan, ada pergeseran beban kerja yang signifikan. Komputer lokal tidak lagi harus melakukan kerja yang berat ketika menjalankan sebuah aplikasi.. Jaringan komputer yang membentuk awan menangani mereka sebagai gantinya. Requirement Hardware dan software pada sisi pengguna menurun. Satu-satunya perangkat lunak yang ada di computer pengguna adalah web browser sebagai antarmuka perangkat lunak komputasi awan sistem, dan Cloud Computing akan melakukan pekejaan komputasi  yang rumit lainnya seperti mengolah kata, data maupun image.

Salah satu pihak yang sedang serius menggarap cloud computing adalah Google dengan layanan Gdrive, dimana user yang menggunakan Gdrive disediakan 1GB ruang penyimpanan secara gratis. User dapat bertukar file, foto atau yang lainnya.  So, pertimbangkan lagi rencana anda untuk membeli hardware dan software. Pertimbangkan untuk membuat infrastruktur cloud computing.

Tidak ada komentar: