1. Dalam
Slide Show tentang “Guru dan Pendidikan Guru” ada 4 rekomendasi untuk
memperoleh Pendidikan Guru yang baik untuk masa depan, yaitu : (1) Adopting the
Role of The Teacher, (2) Aligning and Organizing Learning, (3) Management of
Learning, dan (4) Assessment and Evaluation of Teaching. Cobalah menguraikan
satu persatu tentang 4 rekomendasi tersebut disertai keterangan tentang
praksisnya di LPTK LPTK di Indonesia.
Jawab :
(Word Count 400 Kata)
4
rekomendasi untuk memperoleh pendidikan guru yang baik untuk masa depan
:
a. Adopting the Role of the Teacher
Sebagai
salah satu model pekerja professional seorang guru dituntut untuk menguasai PBM
secara professional seperti kegiatan
membimbing, melatih keterampilan intelektual, keterampilan psikomotorik, dan
memotivasi siswa agar memiliki kemampuan inovatif dan kreatif yang dapat
menciptakan attitude yang positif kepada siswa untuk mengikuti kegiatan PBM.
Oleh karena itu seorang guru perlu memiliki kemampuan merancang dan
mengimplementasikan berbagai strategi pembelajaran yang dianggap cocok
dengan materi pembelajaran, termasuk di dalamnya memanfaatkan bebagai sumber
dan media pembelajaran untuk menjamin efektifitas pembelajaran dan materi yang
selalu up to date yang menuntut guru
sebagai life-long learner, selain itu
seorang guru harus mampu untuk melakukan evaluasi diri terhadap jalannya PBM. Seorang
guru perlu memiliki kemampuan khusus, yaitu kemampuan yang tidak mungkin
dimiliki oleh orang lain yang bukan guru. Itulah sebabnya guru adalah pekerjaan
profesional yang membutuhkan kemampuan khusus hasil dari proses pendidikan yang
dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).
b.
Planning and Organizing
Sebagai
seorang manager pembelajaran seoarang guru dituntut untuk bisa merencanakan dan
mengorganisasikan pembelajaran, diantaranya mampu untuk mengidentifikasi
outcomes dari hasil belajar, merencanakan pembelajaran seperti pembuatan dan
pengembangan silabus, RPP dan GBPP yang selalu diupdate mengikuti perkembangan,
penciptaan lingkungan belajar yang
kondusif untuk pembelajaran “learning by doing” yang didukung dengan
fasilitas yang memadai untuk melakukan praktik, pembelajaran “learning for
memory, skills, understanding and attitude”. Fungsi keempat adalah
menentukan mengalokasikan
waktu, dan menentukan sumber daya yang dibutuhkan agar
PBM berjalan efektif dan efesien.
c. Management of Learning
Melalui pengelolaan kelas yang baik, guru dapat menjaga kelas agar tetap
kondusif untuk proses PBM siswa dan mengembangkan serta memelihara kemampuan belajar siswa untuk belajar optimal, selain itu seorang
guru juga dituntut untuk bisa membuat materi pembelajaran yang relevant dengan
perkembangan dan juga mempunyai kemampuan untuk menggunakan media pembelajaran
seperti OHP, LCD,CAI dan sebagainya.
d. Assesment and Evaluation
Sebagai evaluator, guru berperan untuk
mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan pembelajaran yang telah
dilakukan. Evaluasi tidak hanya dilakukan terhadap hasil akhir pembelajaran
(berupa nilai atau angka-angka) tetapi juga dilakukan terhadap proses, kinerja,
dan skill siswa dalam proses pembelajaran. Kegiatan yang bertujuan untuk menilai
keberhasilan siswa memegang peranan penting. Sebab melalui evaluasi guru dapat
menentukan apakah siswa yang diajarkannya sudah memiliki kompetensi yang telah
ditetapkan, sehingga mereka layak diberikan program pembelajaran baru; atau
malah sebaliknya siswa belum bisa mencapai standar minimal, sehingga mereka
perlu diberikan remedial. Selain mengevaluasi siswa, guru juga harus di
evaluasi oleh teman sejawat atau supervisornya untuk digunakan sebagai
pengembangan diri. Guru yang baik juga mempunyai kemampuan untuk melakukan
evaluasi hasil pembelajaran dengan berbagai teknik evaluasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar