Translate

Rabu, 11 April 2012

Jawaban Ujian Work Based Learning


1. Dalam Slide Show tentang “Guru dan Pendidikan Guru” ada 4 rekomendasi untuk memperoleh Pendidikan Guru yang baik untuk masa depan, yaitu : (1) Adopting the Role of The Teacher, (2) Aligning and Organizing Learning, (3) Management of Learning, dan (4) Assessment and Evaluation of Teaching. Cobalah menguraikan satu persatu tentang 4 rekomendasi tersebut disertai keterangan tentang praksisnya di LPTK LPTK di Indonesia.
    Jawab :  (Word Count 400 Kata)
    4  rekomendasi untuk memperoleh pendidikan guru yang baik untuk masa depan :

a. Adopting the Role of the Teacher
Sebagai salah satu model pekerja professional seorang guru dituntut untuk menguasai PBM secara professional seperti  kegiatan membimbing, melatih keterampilan intelektual, keterampilan psikomotorik, dan memotivasi siswa agar memiliki kemampuan inovatif dan kreatif yang dapat menciptakan attitude yang positif kepada siswa untuk mengikuti kegiatan PBM. Oleh karena itu seorang guru perlu memiliki kemampuan merancang dan mengimplementasikan berbagai strategi pembelajaran yang dianggap cocok  dengan materi pembelajaran, termasuk di dalamnya memanfaatkan bebagai sumber dan media pembelajaran untuk menjamin efektifitas pembelajaran dan materi yang selalu up to date yang menuntut guru sebagai life-long learner, selain itu seorang guru harus mampu untuk melakukan evaluasi diri terhadap jalannya PBM. Seorang guru perlu memiliki kemampuan khusus, yaitu kemampuan yang tidak mungkin dimiliki oleh orang lain yang bukan guru. Itulah sebabnya guru adalah pekerjaan profesional yang membutuhkan kemampuan khusus hasil dari proses pendidikan yang dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).
b. Planning and Organizing
Sebagai seorang manager pembelajaran seoarang guru dituntut untuk bisa merencanakan dan mengorganisasikan pembelajaran, diantaranya mampu untuk mengidentifikasi outcomes dari hasil belajar, merencanakan pembelajaran seperti pembuatan dan pengembangan silabus, RPP dan GBPP yang selalu diupdate mengikuti perkembangan, penciptaan lingkungan belajar yang kondusif untuk pembelajaran “learning by doing” yang didukung dengan fasilitas yang memadai untuk melakukan praktik, pembelajaran “learning for memory, skills, understanding and attitude”. Fungsi  keempat adalah menentukan mengalokasikan waktu, dan menentukan sumber daya yang dibutuhkan agar PBM berjalan efektif dan efesien.

    c. Management of Learning
Melalui pengelolaan kelas yang baik, guru dapat menjaga kelas agar tetap kondusif untuk proses PBM siswa dan mengembangkan serta memelihara kemampuan belajar siswa untuk belajar optimal, selain itu seorang guru juga dituntut untuk bisa membuat materi pembelajaran yang relevant dengan perkembangan dan juga mempunyai kemampuan untuk menggunakan media pembelajaran seperti OHP, LCD,CAI dan sebagainya.

  d. Assesment and Evaluation
Sebagai evaluator, guru berperan untuk mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan. Evaluasi tidak hanya dilakukan terhadap hasil akhir pembelajaran (berupa nilai atau angka-angka) tetapi juga dilakukan terhadap proses, kinerja, dan skill siswa dalam proses pembelajaran. Kegiatan yang bertujuan untuk menilai keberhasilan siswa memegang peranan penting. Sebab melalui evaluasi guru dapat menentukan apakah siswa yang diajarkannya sudah memiliki kompetensi yang telah ditetapkan, sehingga mereka layak diberikan program pembelajaran baru; atau malah sebaliknya siswa belum bisa mencapai standar minimal, sehingga mereka perlu diberikan remedial. Selain mengevaluasi siswa, guru juga harus di evaluasi oleh teman sejawat atau supervisornya untuk digunakan sebagai pengembangan diri. Guru yang baik juga mempunyai kemampuan untuk melakukan evaluasi hasil pembelajaran dengan berbagai teknik evaluasi.

Tidak ada komentar: