Translate

Senin, 21 Oktober 2013

Tujuan Kurikulum



Seperti yang sudah saya bahas di tulisan saya sebelumnya yang berjudul Teori Kurikulum bahwa salah satu element dari kurikulum adalah purposes atau tujuan. Menurut Lattuca & Stark (Lattuca & Stark, 2009) di dalam buku yang berjudul Shapping The College Curriculum bahwa tujuan kurikulum ada 3 macam yaitu meningkatkan knowledge, skill dan attitude. 
Knowledge adalah pengetahuan mengenai alat tertentu, baik mekanis maupun fungsi, skill berkaitan dengan penguasaan bidang atau alat tertentu, sedangkan attitude adalah sikap mental untuk mempelajari sesuatu. Untuk lebih mempermudah memahami knowledge, skill dan attitude akan saya ilustrasikan dengan penguasaan knowledge, skill dan attitude di bidang perangkat keras (hardware)  komputer.
Seseorang dikatakan mempunyai knowledge tentang perangkat keras (hardware) komputer apabila orang tersebut memahami fungsi bagian bagian perangkat keras dari komputer,   sebagai contoh memahami fungsi dan cara kerja prosessor, RAM, Harddisk dan cara kerja bagian bagian yang lainnya dari komputer tersebut atau memahami kerja perangkat lunak. 
Seseorang dikatakan mempunyai skill hardware komputer apabila orang tersebut bisa meningkatkan dan memperbaiki bagian dari komputer, misal memperbaiki dan meningkatkan performa prosessor, RAM, Harddisk dan perangkat keras  lainnya yang rusak, Sedangkan attitude adalah sikap mental untuk mempelajari secara terus menerus knowledge atau berlatih terus menerus untuk menguasai skill di bidang tertentu. Tentunya tugas kita sebagai pendidik disamping mengajar idealnya juga merencanakan kurikulum yang dapat meningkatkan knowledge, skill dan attitude siswa kita. Salam. 


Tidak ada komentar: